Wednesday, August 21, 2013

Pada update materi English for beginner kali ini kita akan membahas tiga hal penting berkaitan dengan report text yaitu pengertian, struktur dan contoh (definition, generic structure and examples). Seperti yang kita ketahui, report text atau yang sering dikenal dengan sebutan informational report berisi serentetan informasi, penjelasan selengkapnya mengenai hal itu mari kita ikuti berikut ini.

Report Text Definition

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai definition of report text pertama kita akan mengupas mengenai definisi report itu sendiri. Dalam kamus oxford didefinisikan sebagai berikut:
"1) an account given of a matter after investigation or consideration. 2) a piece of information about an event or situation. (Concise Oxford Dictionary Edisi 10)"
Dari definisi di atas secara sederhana dapat kita katakana bahwa sebuah report adalah suatu informasi tentang situasi atau kejadian tertentu dari hasil sebuah inverstigasi dan pertimbangan tertentu.

Sedangkan kata report text sendiri dapat kita artikan sebagai sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa secara sistematis. Hal itu sesuai dengan definisi yang ada pada banyak buku pelajaran yaitu”
"Report is a text which presents information about something, as it is. It is as a result of systematic observation and analyses."
Jadi teks report ini merupakan teks yang menjelaskan informasi tentang sesuatu seperti apa adanya dimana informasi tersebut berasal dari sebuah pengamatan dan analisa yang sistematis yang berupa fakta-fakta yang tentunya dapat dibuktikan secara ilmiah.

Generic Structure Report Text

Seperti halnya dengan descriptive text, Report text juga hanya memiliki dua struktur umum (generic structure) yaitu:
  1. General Clasification; Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. 
  2. Description: tells what the phenomenon under discussion; in terms of parts, qualities, habits or behaviors; Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.
Ada juga beberapa keterangan mengenai generic structure report text, yang meliputi:
  • General information
  • Bundles of Specific Information
General information adalah bagian yang menyebutkan informasi umum dari tema tulisan yang. Sedangkan Bundles of specific information, adalah penjabaran dari informasi umum tersebut.

Selanjutnya, setiap tulisan pasti memiliki tujuan mengapa tulisan itu ditulis. Begitu juga dengan report text. Beberapa pakar menyebutkan bahwa tujuan teks report adalah :
"Its social purpose is presenting information about something. They generally describe an entire class of things, whether natural or made: mammals, the planets, rocks, plants, countries of region, culture, transportation, and so on."
Kesimpulannya, tujuan report text adalah untuk menyampaikan informasi hasil pengamatan dan analisa yang sistematis. Informasi yang dijelaskan dalam report text biasanya bersifat umum, baik itu alamiah ataupun buata seperti binatang mamalia, planet, bebatuan, tumbuh-tumbuhan, negara bagian, budaya, transportasi, dan lain sebagainya.

Pola Tata Bahasa dalam Report Text

Setiap tulisan pasti memiliki ciri bahasa tersendiri; jika recount text dan narrative text cenderung memiliki ciri menggunakan simple past, lalu bagaimana dengan report text? Oke berikut adalah pola grammar yang umum digunakan dalam teks report, yang meliputi :
  1. Use of general nouns, e.g hunting dogs, rather than particular nouns, e.g our dog;
  2. Use of relating verbs to describe features, e.g Molecules are tiny particles;
  3. Some use of action verbs when describing behavior, e.g Emus cannot fly;
  4. Use of timeless present tense to indicate usualness, e.g Tropical cyclones always begin over the sea;
  5. Use of technical terms, e.g Isobars are lines drawn on a weather map;
  6. Use of paragraphs with topic sentences to organize bundles of information; repeated naming of the topic as the beginning focus of the clause.
Keterangan
  • General nouns, maksudnya adalah, suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat umum. Coba bandingkan : Hunting dogs >< My dog. Hunting dogs bersifat umum; sedangkan my dog bersifat khusus. 
  • Relating verbs, dalam grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti to be [is, am, are: present], seem, look, taste dan lain sebagainya. 
  • Timeless present tense adalah salah satu penanda waktu dalam simple presentseperti "often, usually, always" dan lain-lain. 
  • Technical terms, maksudnya adalah istilah-istilah yang meliputi teks report tersebut. Misalnya tentang "music" maka, istilah-istilah musik harus ada.
Copyright © 2013 English for Beginner | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com